7 Artis yang Disebutkan Korban ‘Cancel Culture’

Jakarta, muzweek.net — Beberapa saat ke belakang ramai terjadi budaya penampikan atau ‘cancel culture’ pada beberapa selebritis. Penampikan itu terjadi sesudah si pujaan disebutkan lakukan sebuah kekeliruan yang dipandang jelek oleh khalayak.

Dimulai dari artis tanah air seperti Ayu Ting Ting yang pernah diboikot khalayak karena dipandang kurang santun saat tampil di TV, sampai aktris internasional seperti Johnny Depp yang tidak jadi menjadi bintang film terkini dari seri Fantastis Beasts karena diprotes oleh fans Harry Potter.

Berikut tujuh aktris yang alami ‘cancel culture’ atau budaya penampikan diringkas oleh muzweek.net:

1. Ayu Ting Ting

7 Artis yang Disebutkan Korban 'Cancel Culture'

Pada Agustus lalu, khalayak digemparkan dengan tuntutan di situs change.org mengenai ajakan boikot vokalis Ayu Ting Ting tampil di tv. Ajakan itu diinisiasi dengan seorang netizen namanya Putri Maharani.

Ajakan itu dipacu oleh tindakan Ayu Ting Ting menyepak crew dalam salah satunya siaran live di tv swasta. Pencetus tuntutan memandang tindakan ibu satu anak itu kurang santun.

“Dalam acara Cocok Sore. Kelihatan waktu acara itu live di Trans7, Ayu Ting Ting menyepak salah satunya talenta,” begitu info di tuntutan itu.
Tuntutan itu diberi tanda tangan minimal 57 ribu netizen.

2. Gofar Hilman

7 Artis yang Disebutkan Korban 'Cancel Culture'

Presenter sekalian youtuber Gofar Hilman juga pernah merasakan penampikan atau menjadi korban ‘cancel culture’.

Hal itu dipacu sangkaan penghinaan seksual yang tertuju pada Gofar. Beberapa wanita ungkap sangkaan penghinaan seksual yang Gofar kerjakan di periode kemarin.

Kekesalan pada penghinaan yang didugakan pada Gofar menggema di sosial media, hingga Gofar sempat stop produksi content di Youtubenya.

3. Nikita Mirzani

7 Artis yang Disebutkan Korban 'Cancel Culture'

Nasib serupa juga menimpa artis Nikita Mirzani. Ibu tiga anak tersebut sempat mendapat petisi boikot dari publik.

Kala itu, Nikita Mirzani menghadapi masalah dengan banyak orang, salah satunya bermasalah dengan mantan suaminya, Dipo Latief terkait hak asuh anak mereka.

Selain dengan mantan suaminya, Nikita juga berseteru dengan beberapa pihak seperti Kriss Hatta, bos Ada Tour Lasty Annisa, dan Puput Carolina.

Nikita kerap melontarkan pernyataan keras terhadap pihak-pihak yang dianggap sebagai lawannya. Alhasil, warganet pun dibuat kesal dengan perkataan Nikita Mirzani yang dinilai tidak sopan dan hanya mencari sensasi semata.

4. Kim Min-gwi

7 Artis yang Disebutkan Korban 'Cancel Culture'

Artis Korea Kim Min-gwi memperoleh pemangkasan scene atau episode sinetron Korea Nevertheless. Hal itu muncul karena permasalahan perselingkuhannya yang dijumpai oleh khalayak.
Persoalan ini berawal saat sebuah upload anonimus mengutarakan tuduhan seorang artis sinetron Nevertheless sudah berselingkuh, berlaku kasar, dan menyalahi prosedur kesehatan.

Ungghan dalam artikel di komunitas online dengan judul “The true nature of an actor from sinetron ‘N_v_rth_l_ss’ is revealed” itu lantas jadi pembicaraan khalayak Korea.

Tidak lama berlalu, Kim Min-gwi ada ke khalayak dan sampaikan keinginan maaf. Walau begitu, beberapa khalayak masih tetap berlaku dingin pada artis itu.

Mengakibatkan, team produksi sinetron Korea Nevertheless pada akhirnya keluarkan pengakuan jika mereka akan menggunting mayoritas episode di mana artis Kim Min-gwi ada.

5. Gina Carano

7 Artis yang Disebutkan Korban 'Cancel Culture'

Keadaan yang hampir sama menerpa artis Gina Carano. Artis bernegara Amerika Serikat ini tak lagi jadi sisi dari project The Mandalorian.

Tidak cuma dikeluarkan dari Lucasfilm, Carano tidak lagi jadi client dari agen UTA. Keputusan itu diambil sesudah #FireGinaCarano jadi viral di sosial media.

Hal tersebut berawal saat Gina Carano mengupload penglihatannya mengenai cuaca politik yang terpecah sekarang ini dengan Nazi Jerman. Uploadnya di Instagram itu memacu amarah beberapa orang.

Awalnya, aktor Langkah Dune di The Mandalorian ini sempat juga menghina penggunaan masker di tengah-tengah wabah Covid-19 dan menyentuh manipulasi pemilih dalam Pemilihan presiden AS 2020 melalui ciutannya pada November 2020.

6. Johnny Depp

7 Artis yang Disebutkan Korban 'Cancel Culture'

Artis Johnny Depp pun tidak lepas dari amarah khalayak selesai terganjal kasus sangkaan penindasan pada Amber Heard. Depp didakwa sudah menganiaya Amber Heard saat mereka tinggal bersama.

Hal itu membuat fans waralaba Harry Potter protes karena memandang Johnny Depp tidak patut bermain di film Fantastis Beast.

Tidak lama berlalu, Johnny Depp pada akhirnya sah memundurkan diri dari peranannya sebagai Gellert Grindelwald dalam film Fantastis Beasts 3.

Peranan itu sebenarnya sudah dimainkan oleh Johnny Depp semenjak film Fantastis Beasts pertama yaitu Fantastis Beasts and Where to Find Them (2016) dan Fantastis Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018).

7. Kevin Spacey

7 Artis yang Disebutkan Korban 'Cancel Culture'

Keadaan yang juga sama menerpa artis Kevin Spacey. Artis bernegara Amerika Serikat itu tidak tampil pada musim paling akhir seri House of Cards di Netflix.

Netflix memilih untuk meneruskan musim paling akhir House of Cards tanpa Kevin Spacey karena aktor Frank Underwood ini terlilit kasus sangkaan penghinaan seksual.

Tidak itu saja, Netflix menggunting jalinan kerja sama dengan Spacey pada November 2017 lalu. Mereka akui tidak mau terbelit lebih jauh dalam produksi House of Cards yang mengikutsertakan Spacey.

Tersebut deretan artis yang sempat jadi korban ‘cancel culture’.

Posted on