Alat Musik Harmonis: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Alat musik terbagi menjadi tiga berdasarkan fungsinya, yakni alat musik ritmis, melodis, dan harmonis. Alat musik harmonis sendiri lebih banyak menghasilkan nada dibandingkan dengan jenis alat musik lainnya.

Berikut ini pengertian alat musik harmonis beserta contoh dan fungsinya. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tak bisa lepas dengan alat musik. Musik diperlukan sebagai salah satu sarana hiburan atau hal lainnya. Dari berbagai macam alat musik yang ada di seluruh dunia, baik yang tradisional maupun modern, bisa diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni ritmis, melodis, dan harmonis. Apabila dibandingkan dengan alat musik ritmis dan melodis, alat musik harmonis dimainkan untuk menciptakan harmoni pada musik atau lagu.

Dihimpun dari berbagai sumber, alat musik harmonis merupakan semua alat musik yang bisa memproduksi minimal 3 nada atau lebih secara bersamaan untuk menghasilkan harmoni pada sebuah lagu. Tak hanya dimiliki oleh alat musik modern saja, namun nyatanya beberapa alat musik tradisional Indonesia juga termasuk ke dalam golongan alat musik harmonis.

Fungsi dari alat musik harmonis adalah untuk memainkan harmoni yang biasanya terdapat dalam sebuah lagu. Hal ini bertujuan agar musik semakin kaya dan berwarna. Harmoni sendiri menjadi salah satu bagian dari 3 komponen musik yang keberadaannya sangat penting pada sebuah lagu, selain ritme dan juga melodi. Yang perlu diketahui adalah semua alat musik harmonis termasuk juga ke dalam jenis alat musik melodis. Tapi sebaliknya, tidak semua alat musik melodis termasuk ke dalam jenis alat musik harmonis.

Posted on