Contoh Kebudayaan Indonesia Yang Go-international Dan Nyaris Musnah

Muzweek.net – Berbicara masalah budaya indonesia tidak pernah ada selesainya. Keberagamannya dimulai dari agama, suku, etnis, tarian dan ada banyak kembali dan dari daerah ke daerah yang lain telah berlainan tradisi istiadatnya.

Ini yang kerap mengundang perhatian dunia. Pelancong asing yang bertandang ke indonesia pasti berkesan dengan keberagaman budaya di indonesia ini.

Budaya di indonesia ini sebagai warisan dari leluhur yang perlu kita jaga. Indonesia sendiri telah populer akan keberagaman budaya. Jadi tidak bingung bila masyarakat negara asing malah banyak yang ikhlas bersekolah kebudayaan indonesia dan tinggal di indonesia. Kita sebagai wni harus senang dan menolong untuk selalu melestarikannya.

Untuk menambahkan wacana anda berikut ini akan diterangkan beberapa budaya di indonesia yang jadi perhatian warga masyarakat negara asing. Perlu anda kenali jika beberapa kebudayaan indonesia juga dianggap oleh UNESCO. Nach silahkan kita baca penuturannya di bawah ini.

Seni Musik Gamelan

Seni Musik Gamelan – Gamelan sebagai perkumpulan dari beberapa alat musik tradisionil indonesia yang dipakai untuk menemani satu atraksi. Seperti tari,tradisionil, wayang dan ada banyak kembali. Gamelan ini terbagi dalam alat musik seperti gong, gambang, angklung, saron.

Suara yang dibuat dari beberapa alat ini akan memunculkan suara yang paling ciri khas. Banyak pula masyarakat negara asing yang belajar bermain gamelan. Bahkan juga di sejumlah atraksi mereka ikut juga berperanan didalamnya. Nach kita sebagai wni semestinya memiliki semangat yang serupa sama mereka. Janganlah sampai budaya ini luntur dan justru banyak masyarakat negara asing yang menguasainya.

Alat Musik Angklung

Alat Musik Angklung – Alat musik angklung sebagai alat musik dimainkan dengan digoyangkankan. Suara dari angklung ini benar-benar unik dan tiap ukuran angklung memiliki hasil suara yang lain. Asal angklung ini dari jawa barat dan dibuat dari bambu.

Karena alat ini bagus sekali dan unik, alat ini nyaris pernah tercuri oleh negara tetangga. Makannya saat ini telah didaftarkan dan telah dianggap oleh UNESCO jika angklung ini sebagai peninggalan budaya yang dari jawa barat indonesia. Alat ini dipakai untuk menemani beberapa pergelaran seni tari seperti Reog.

Alat musik angklung menjadi satu diantara budaya Indonesia yang harus kita lestarikan. Angklung sekarang ini telah dikenali sampai ke luar negeri karena khas serta unik hingga banyak yang menyenangi keelokan bunyi yang dibuat dari musik angklung ini.

Seni Tari Saman Aceh

Seni Tari Saman Aceh – Tari Saman sebagai tarian dari wilayah Aceh yakni Suku Gayo. Tari ini menunjukkan pergerakan dari beberapa penarinya dengan pergerakan yang cepat sekali dengan disertai Syair ciri khas aceh. Tarian ini umumnya dipakai dalam kejadian atau acara penting.

Tari Saman telah dianggap oleh UNESCO. Beberapa nama dari Tari Saman yakni kirep, guncang, surang-saring-linggang yang dari bahasa Suku Gayo. Dan syair yang dinyanyikan datang dari kombinasi bahasa Gayo dan arab.

Tarian ini dibangun oleh Syejh atau ulama wilayah di tempat yakni Syekh Saman dari Suku Gayo. Itu mengapa dipanggil Tari saman karena pendirinya namanya Saman. Masih tetap ada tarian yang lain juga cantik bila diperlihatkan dan telah dianggap oleh dunia seperti tari pendet, tari kecak dan ada banyak kembali.

Lagu Rasa Sayange Dan Lagu Jali-Jali

Lagu Rasa Sayange Dan Lagu Jali-Jali – Begitu benar-benar kaya negara indonesia ini akan budayanya. Selainnya tarian dan alat musik yang telah banyak dianggap sebagai peninggalan dunia, lagu tradisionil juga dianggap UNESCO seperti lagu jali-jali dan rasa sayange. Lagu rasa sayange datang dari Maluku yang disebut pernyataan rasa sayang di antara beberapa warga Maluku.

Lagu ini sempat juga di-claim dan dianggap oleh negara tetangga. Tetapi negara kita sukses memperthankannya. Ada pula lagu jali-jali yang disebut lagu asal Betawi. Lagu ini sebuah warisan budaya yang penting dilestarikan juga. Janganlah sampai di-claim kembali oleh negara lain sebagai warisan budaya leluhur mereka.

Taman Nasional Komodo NTT

Taman Nasional Komodo NTT – Komodo sebagai salah satunya hewan sangat jarang yang dari indonesia. Karena kesadaran akan jaga dan melestarikannya karena itu dibuatlah taman khusus Komodo yakni taman nasional Komodo yang ada di pulau Komodo nusa tenggara timur. Hewan ini seperti kadal tetapi pada ukuran yang besar sekali.

Untuk menghargaikan dibangunnya taman ini karena itu UNESCO mengaku sebagai salah satunya peninggalan dunia yang perlu dijaga kelestariannya. Selainnya taman Komodo ada pula Taman Ujung Kulon yang dipakai untuk melestarikan badak bercula satu yang dari Ujung Kulon yang telah dianggap oleh UNESCO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.