Ini 3 Negara Pemroduksi Gas Alam Paling besar di Dunia

muzweek.net, JAKARTA – Gas alam sebagai salah satunya sumber energi yang terbanyak dipakai di dunia. Menurut Pertamina Gas, gas alam ialah sumber energi yang dibuat dari fosil hewan, tanaman, atau mikroorganisme yang sudah disimpan juta-an tahun di bawah tanah.

Di tahun 2019 keseluruhan produksi gas alam di dunia capai angka 4 triliun mtr. kubik. Dengan angka itu beberapa negara di dunia terdaftar sebagai pemroduksi atau produsen gas alam paling besar yang menyumbangkan mayoritas keperluan gas alam dunia.

Digabungkan dari beragam sumber, berikut sejumlah negara pemroduksi gas alam paling besar di dunia:

1. Amerika Serikat

Negara pemroduksi gas alam paling besar yang pertama ialah Amerika Serikat. Di tahun 2019, Amerika Serikat hasilkan sekitaran 23 % dari suplai gas alam dunia dengan angka sekitaran 921 miliar mtr. kubik.

Kemudian, di tahun 2020, AS jadi produsen gas alam paling besar di dunia menaklukkan Rusia dengan produksi sekitaran 948 miliar mtr. kubik, bertambah hasil dari gas alam tahun awalnya. Texas dan Pennsylvania jadi negara sisi AS dengan produksi gas alam terbanyak.

Sebagian besar gas alam di AS didapat lewat pengeboran horizontal dan tehnik rekahan hidrolik atau fracking serpih. Kenaikan produksi gas alam Amerika Serikat karena perkembangan tehnologi rekahan hidrolik dan pengeboran horizontal.

Perubahan itu tingkatkan cadangan gas alam AS yang naik dengan berarti. Di tahun 2019, terdaftar Amerika Serikat mempunyai keseluruhan nyaris 25,4 triliun kaki kubik gas serpih.

2. Rusia

Negara pemroduksi gas alam paling besar yang selanjutnya ialah Rusia. Di tahun 2019, Rusia hasilkan sekitaran 17 % suplai gas alam dunia dengan angka sekitaran 679 miliar mtr. kubik. Angka itu bertambah di tahun 2020 saat produksi gas alam Rusia capai 693 miliar mtr. kubik.

Salah satunya perusahaan Rusia, Gazprom jadi perusahaan produsen gas alam paling besar di dunia dengan hasilkan sekitaran 12 % dari suplai gas alam dunia dan 68 % produksi gas alam lokal Rusia.

Dikutip NS Energy, Rusia jadi negara dengan cadangan bahan bakar paling besar di dunia dengan prediksi angka capai 38 tcm, beberapa besarnya berada di Siberia.

3. Iran

Negara pemroduksi gas alam paling besar yang setelah itu Iran. Iran hasilkan sekitaran 6 % dari suplai gas alam dunia di tahun 2019 dengan angka sekitaran 244 miliar mtr. kubik. Kemudian di tahun 2020, produksi gas alam Iran alami peningkatan dan jadi sekitaran 253,8 miliar mtr. kubik.

Meskipun angkanya tidak sebesar Amerika Serikat dan Rusia, tetapi Iran berpotensi untuk selalu tingkatkan jumlah produksi gas alamnya, karena mempunyai cadangan gas alam paling besar ke-2 di dunia dengan prediksi capai angka 32 tcm.

Mayoritas cadangan gas alam itu berada di laut lepas North Field bersama dengan Qatar sebagai sisi dari kebun gas alam paling besar di dunia. Selainnya ke-3 negara itu, ada banyak negara yang lain masuk ke barisan pemroduksi gas alam paling besar di dunia seperti Qatar, China, sampai Kanada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.