8 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bogor

muzweek – Kota Bogor memiliki wisata alam yang menarik dikunjungi. Mayoritas orang tentukan berwisata ke Bogor karena tidak demikian jauh dan ada beberapa tempat rekreasi alam yang asri. Untuk sampai di Bogor hanya memakan waktu kurang lebih dua sampai tiga jam saja dari Jakarta. Adapun berikut rekomendasi tempat wisata alam di Bogor yang bisa Anda kunjungi.

Curug Leuwi Hejo

Curug ini berada di Jalan Raya Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Tempat ini jaraknya tidka benar-benar jauh, hanya 10 km dari pusat kota Bogor. Leuwi Hejo memiliki pemandangan yang asri. Selain itu airnya jernih. Wisatawan bisa berenang di curug ini tapi waspada karena kolam curug ini cukup dalam. Akses jalan ke Curug leuwi Hejo repot gampang.

Harga ticket masuk ke Curug Leuwi Hejo sebetulnya Rp 15.000 tapi waspada jika ke situ karena banyak pungutan liar diawali dari ongkos parkir, ongkos naik ke curug dan sebagainya.

Kawah Ratu

Nama Kawah Ratu memang kenal. Tempat rekreasi ini ada di STPN Wilayah III Sukabumi, TN Gunung Halimun Salak. Kawah Ratu sebetulnya tetap menjadi segi dari kaki Gunung Salak disamping lerang selatan. Dinamakan Kawah Ratu karena di dalamnya ada kawah yang disebutkan tersisa letusan Gunung Salak. Selain berpose, wisatawan juga bisa kemah atau bertandang air terjun. Minimum ada tujuh air terjun. Tapi jumlah air terjun yang mudah dikunjungi ada 5 yaitu Curug 1, 2, 3, Curug Dua Undak, dan Curug Sembunyi. Kawah Ratu buka setiap hari jam 08.00-17.00 WIB. Harga ticket masuknya hanya dikenakan biaya masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak sebesar Rp 10.000 per-orang. Ongkos itu belum terhitung biaya parkir.

Telaga Saat

Tempat ini sedikit orang tahu karena memang belum populer di kawasan Puncak Bogor. Mayoritas wisatawan hanya kenali bila di sini hanya ada telaga. Walaupun sebetulnya selain danau, Telaga Saat memiliki bentang kebun teh yang luas dan sungai yang elok. Untuk ke Telaga Saat ini Anda perlu ke kawasan Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Harga ticket masuknya hanya Rp 10.000 saja. Tapi jika ingin masuk ke wilayah perkebunan harga tiketnya jadi Rp 35.000.

8 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bogor

Gunung Besar Pangrango

Gunung Besar Pangrango sebagai satu diantaranya gunung arah pendaki saat berada di Bogor. Berada di pinggiran tiga wilayah yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Gunung ini memiliki spot foto menarik. Salah satunya yakni Jembatan menggantung Situgunung. Untuk ke jembatan itu, wisatawan tidak perlu hiking seperti mendaki gunung besar lainnya. Adapun ticket masuknya wisatawan lokal dikenakan biaya Rp 29.000 di hari Senin-Jumat dan di hari berlibur atau Sabtu dan Minggu dikenakan Rp 34.000.

Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang ada di Desa Dusun Karang tengah Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Di gunung ini, wisatawan akan merasakan beberapa ribu pohon pinus yang membuat udara jadi betul-betul sejuk saat berada di sana. Selain mendaki, rupanya pengurus Gunung Pancar pasarkan wisata lain seperti paket camping, trekking, glamping dan pemandian air panas. Untuk masuk ke gunung ini wisatawan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk hari kerja dan Rp 7.500 untuk akhir pekan dan berlibur nasional. Harga itu belum terhitung biaya parkir kendaraan.

Curug Cikawah

Curug Cikawah sebagai satu diantaranya curug yang ada di Pamijahan, Kabupaten Bogor. Curug ini sebagai segi dari kaki gunung salak. Untuk ke Curug Cikawah, wisatawan harus trekking diawali dari jalan lebar sampai jalan setapak. Dinamakan Curug Cikawah karena ada kawah kecil yang mempunyai kandungan belerang asal aliran air curug. Tidak aneh bila berenang di beberapa kawah itu airnya hangat. Ticket masuk Curug Cikawah cukup murah yakni mesti bayar ticket sebesar Rp 10.000 per-orangnya.

Telaga Warna

elaga Warna Puncak memiliki pemandangan yang elok. Tidak aneh bila lokasi ini ramai saat musim liburan. Lokasinya berada di dekat perkebunan teh dengan bentang sawah dan pegunungan yang elok. Lokasinya ada di Cisarua, Kabupaten Bogor. Air telaganya betul-betul jernih dan berwana hijau. Untuk masuk ke sini, Pengunjung hanya dikenakan biaya masuk Rp 21.000 per-orang.

Lembah Tepus

Lembah Tepus sebagai satu diantaranya tempat rekreasi alam yang ada di Bogor. Tepatnya di Jalan Cigamea, Gunung Sari, Bogor. Lembah yang satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini memiliki air yang mengalir dari curug. Di sana ada kolam bebatuan yang memiliki perairan yang warna biru jernih. Pemandangan di sekitar Lembah Tepus betul-betul asri dan elok. Jika ingin ke situ, Anda mesti bayar ticket masuk diawali dari Rp 10.000 saja.

Posted on