Kenali 7 Spot Selingan Pemirsa MotoGP Mandalika

muzweek.net – Kenali 7 Spot Selingan Pemirsa MotoGP Mandalika, dari Lapangan terbang sampai Mandalika. Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Yusron Hadi menjelaskan, beberapa pemirsa MotoGP Mandalika bisa nikmati beragam atraksi semenjak datang di Lapangan terbang Internasional Lombok sampai Mandalika, tempat berjalannya balapan. Acara pada 18-20 Maret 2022 itu akan mengisap beberapa puluh ribu pemirsa.

Aktor seni lokal sampai nasional akan memeriahkan tujuh titik atraksi, kata Yusron. Tujuh spot itu ialah Lapangan terbang Internasional Lombok, circuit Mandalika, pantai di Teritori Ekonomi Khusus atau KEK Pariwisata Mandalika, Senggigi di Kabupaten Lombok Barat, Taman Sangkareang di Kota Mataram, Dermaga Kapal Rekreasi Gili Mas di Kabupaten Lombok Barat, dan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur.

Beberapa seniman yang hendak menyemarakkan acara MotoGP Mandalika ialah aktor seni lokal sampai nasional. “Ada juga festival kulineran, panggung band lokal, dan band-band nasional yang manggung,” katanya.

Sepanjang 3 hari acara MotoGP Mandalika, Kementerian Pariwisata dam Ekonomi Inovatif mendatangkan food truck sebagai tempat untuk aktor usaha micro, kecil, dan menengah atau UMKM untuk pasarkan produk kulinerannya. Food truck ini ada di beberapa titik yang gampang dicapai oleh pelancong.

Pengurus KEK Mandalika, Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC, selesai membuat podium di Pertamina Mandalika International Street Sirkuit pada Jumat, 25 Februari 2022. Tempat Premium Grandstand untuk pemirsa balap MotoGP Mandalika sekitar 22.056 bangku, dan Standar Grandstand sekitar 28.578 bangku.

KSP Mengklaim KEK Mandalika Untuk Usaha Kecil Menengah Meraup Total Menyampai Rp 2,2 T

Deputi III Kepala Staff Kepresidenan RI Anutan Sulendrakusuma menjelaskan hasil perkiraan multiplier efek dari Teritori Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan capai Rp 4,8 triliun. Angka ini ada berdasar penilaian memakai sistem ekonomi analitis input-output.

“Dari jumlahnya itu 45,8 % akan lari ke UMKM atau sekitaran Rp 2,2 triliun,” kata Anutan dalam info tercatat, Selasa, 15 Februari 2022.

Anutan menyebutkan gelaran World Superbike Championship (WSBK) 2021 dan MotoGP 2022, sudah berimplikasi besar untuk geliat UMKM di tempat, khususnya pada bidang pariwisata. Hingga di depan, Dia menyebutkan bisa banyak UMKM lokal yang turut serta langsung dalam mendukung rekreasi fokus Mandalika.

“Seperti tumbuhnya UMKM penyuplai sewa motor dan mobil, fasilitas pemondokan homestay, dan camping ground,” katanya.

Sekian hari paling akhir, crew dan rider telah ikuti test pramusim MotoGP Mandalika. Mereka sekarang sudah tinggalkan circuit dengan pergi dari Lapangan terbang Lombok memakai penerbangan sewa (charter flight) ke arah Jakarta.

Perkembangan UMKM Mandalika Memberi imbas besar untuk kemajuan ekonomi di NTB

Seterusnya Anutan menyebutkan perkembangan UMKM Mandalika pada akhirannya akan memberi imbas besar untuk kemajuan ekonomi di NTB. Karena susunan ekonomi Lombok tengah dan NTB dikuasai oleh aktor UMKM.

“Perkiraan perkembangan ekonominya 1,7 %. Itu kontributor dari KEK Mandalika,” katanya.

Anutan menjelaskan peningkatan KEK Mandalika sebagai project periode panjang. Karena itu, lanjut ia, pemerintahan sudah menyiapkan beragam simpatisan untuk jaga kebersinambungan imbas multiplier ini.

Dia memberikan contoh Teritori Inkubasi Usaha BRIDA NTB. Teritori ini diharap bisa tingkatkan kemampuan sumber daya ilmu dan pengetahuan dan tehnologi, dan kemampuan wiraswasta berbasiskan pengembangan, tehnologi, dan digitalisasi. “Dengan mengikutsertakan SMK, perguruan tinggi vokasi, dan BLK Internasional punya Kementerian Ketenagakerjaan,” katanya.

Disamping itu, kata Anutan, KSP menggerakkan implementasi beberapa program Kementerian Koperasi dan UKM di lokasi ini. Dimulai dari revitalisasi kelembagaan dan saranai pendanaan pasar tematik (pusat oleh-olehan, souvenir dan handicraft), dan instansi inkubator wiraswasta. “Ini dalam rencana support dan pendayagunaan UMKM Mandalika,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.