Referensi 10 Tempat Rekreasi Paling populer di Dieng Wonosobo

Berikut referensi 10 tempat rekreasi paling populer di Dieng Wonosobo, pas untuk tempat healing diakhir minggu.

Teritori Dieng sebagai daratan tinggi yang ada di wilayah tepian Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Teritori Dieng berada pada ±2.000 mtr. di permukaan laut dan dan tertekan oleh 4 gunung, membuat udara di Dieng berasa cukup dingin.

Saat musim kemarau saja siang hari temperatur sekitar di antara 15 derajat celcius – 10 derajat celcius dan saat malam hari temperatur sekitar di antara 5 derajat celcius – 10 derajat celcius.

Bahkan juga dapat capai 0 derajat celcius dikondisi tertentu. Hal itu karena Dieng ada di samping barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Teritori Dieng menyuguhkan rekreasi alam yang paling pas untuk healing diakhir minggu. Udara yang semenjak dan panorama alam yang paling cantik membuat Dieng, menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang banyak didatangi oleh pelancong dalam negeri dan wisatawan luar negeri.

Ada banyak tempat rekreasi yang berada di Dieng. Kalian bisa tentukan ingin berekreasi alam atau rekreasi bikinan.

Berikut referensi 10 tempat rekreasi paling populer di Dieng Wonosobo

Referensi 10 Tempat Rekreasi Paling populer di Dieng Wonosobo

Berikut referensi 10 tempat rekreasi paling populer di Dieng Wonosobo, pas untuk tempat healing diakhir minggu, yang dikutip Portal Kudus dari beragam sumber.

a. Kawah Sikidang yang disebut kawah vulkanik dengan lubang kepundan ada di wilayah daratan hingga kawah dengan luas sekitaran 200 m2 dan ada pada tanah yang datar, hingga bisa dilihat langsung dari bibir kawah. Di sini kita bisa mengolah telur rebus langsung di tepi kawah.

b. Kawah Candradimuka adalah kawah Dieng yang berada 7 km dari Daratan Tinggi Dieng. Kawah ini sebetulnya bukan kawah gunung berapi tapi sebagai penimbulan solfatara dari rekahan tanah.

c. Kawah Sileri sebagai kawah terluas di teritori rekreasi Daratan Tinggi Dieng yang aktif, dengan permukaan airnya yang terus-terusan mengepulkan asap putih dan memberikan tanda-tanda vulkanis. Ada gardu pandang di pinggir jalan raya sebagai alternative lokasi yang aman untuk menyaksikan semua daerah kawah Sileri di atas.

d. Telaga Warna Telaga ini memiliki air yang berwarna-warna yang disebabkan karena mineral yang dikandungnya, organisme yang ada didalamnya dipadankan dengan cahaya matahari yang menerpa telaga itu dan dipantulkan, memberi dampak berwarna-warni.

e. Telaga Pengilon satu kompleks dengan Telaga Warna. Nama Pengilon dikarena jernihnya air telaga itu hingga terlihat seperti cermin (pengilon dalam Bahasa Jawa memiliki arti cermin).

f. Telaga Cebong sebagai telaga yang terjadi dari sisa kawah purba. Lokasi Telaga Cebong ada disamping barat. Telaga ini sebuah danau volkanik yang memiliki bentuk seperti anak katak (berudu) atau dalam Bahasa Jawa disebutkan cebong.

g. Gunung Prau object pendakian yang cukup populer di Daratan Tinggi Dieng. Pucuk dari gunung Prau mempunyai tinggi 2.565 mdpl. Daya tarik pucuk Prau cukup jadi daya magnet yang menarik karena menyajikan panorama pucuk Sindoro Sumbing yang dapat kita saksikan dengan cantik bak lukisan.

h. Bukit Sikunir berada di dusun Sembungan, yang disebut bukit dengan pemandangan sunrise yang dibalut bentangan awan. Bila anda inginkan untuk menyaksikan sunrise dianjurkan untuk lakukan perjalanan saat sebelum jam 03.00 WIB.

Rekreasi bikinan ada object:

a. Teritori Candi di tempat Dieng ada komplek candi agama Hindu yang terbagi dalam candi Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, Candi Dwarawati, Candi Bima, Candi Gatotkaca.

b. Gardu Pandang Tieng sebuah bangunan yang berada di pinggir jalan raya di Teritori Dieng. Bangunan ini pas dijadikan tempat untuk nikmati panorama di Teritori Dieng yang paling cantik. Dari tempat ini anda bisa menyaksikan panorama Gunung Sindoro dan Gunung Kembang, dan bentangan tempat pertanian punya warga yang kelihatan subur.

Nach, bagaimana telah tentukan akan ke mana akhir minggu nanti? yang jelas rekreasi alam yang dihidangkan di teritori Dieng benar-benar pas untuk healing di akhir minggu.

Posted on