Rekreasi Yang Pas Di Datangi Saat Ramadhan

muzweek – Masuk bulan puasa, kita harus mempertahankan kesehatan badan dan pemikiran supaya kita sanggup berpuasa sepanjang satu bulan penuh.

Salah satunya langkah jaga supaya badan dan pemikiran tidak depresi dengan berekreasi. Tidak perlu berekreasi ke luar negeri, karena Anda dapat ke arah beberapa tempat rekreasi dalam negeri saat bulan puasa ini. Jika Anda mempunyai bujet atau tabungan yang lebih, jadi tidak ada kelirunya Anda lakukan akhir pekan getaway ke luar negeri saat bulan Ramadhan.

1. Mushola dengan Arsitektur Unik

Indonesia mempunyai banyak sekali mushola dengan arsitektur yang unik. Nach, mushola dengan bangunan yang unik ini dapat jadi tujuan rekreasi saat bulan puasa. Saat berkunjung beberapa masjid itu, Anda dapat menjalankan beribadah shalat sambil kagum pada arsitektur unik dari mushola itu.

Nach, beberapa mushola unik di Indonesia diantaranya ialah Mushola Menara Kudus yang ada di Kabupaten Kudus, Jawa tengah. Mushola Menara Kudus ini mempunyai arsitektur unik dengan pura berpenampilan Bali. Disamping itu, ada juga Mushola Muhammad Cheng Ho di Surabaya yang mempunyai arsitektur ciri khas Cina yang paling kental.

2. Pusara Figur Islam Populer

Berziarah ke pusara figur Islam populer menjadi gagasan tujuan rekreasi saat bulan puasa seterusnya. Ada beberapa tokok Islam populer yang punya pengaruh besar dalam penebaran atau perubahan agama Islam di Indonesia.

Di saat bulan suci Ramadhan, umumnya pusara-makam dari figur Islam itu banyak didatangi oleh pelancong di tempat atau di luar wilayah. Beberapa tokok Islam populer yang pusaramnya seringkali didatangi saat bulan puasa ialah Wali Songo (9 Wali) dan Gus Dur yang dikenali sebagai presiden ke-4 Indonesia.

3. Perpustakaan

Di jaman kekinian ini, tidak beberapa orang yang ingin bertandang ke perpustakaan di daerah setempatnya. Masalahnya banyak yang memandang jika beberapa buku di perpustakaan terlampau ketinggal jaman. Coba untuk berekreasi ke perpusatakaan saat bulan puasa. Karena tujuan rekreasi yang ini tidak melelahkan Anda saat berpuasa.

Tidak ada istilah “ketinggal jaman” untuk membaca semua tipe buku. Anda dapat mendalami tiap beberapa buku usang di perpustakaan sekedar untuk menambahkan pengetahuan. Hampir semua perpustakaan telah diperlengkapi dengan pendingin ruang . Maka, Anda pasti berasa nyaman saat lakukan pariwisata ke perpustakaan di daerah rumah Anda.

4. Museum

Arah rekreasi saat bulan puasa setelah itu museum. Pada tempat ini, kita dapat mengenali semua jenis benda monumental. Di Indonesia sendiri banyak sekali museum-museum unik. Beberapa referensi museum unik yang pantas didatangi saat bulan Ramadhan ialah Musem geologi di Bandung yang mempunyai fosil gajah purba.

Disamping itu, ada juga Museum Kayu Tuah Himba di Tenggarong yang menempatkan bangkai buaya pemakan manusia yang telah diawetkan dan beberapa jenis kayu ciri khas Kalimantan. Dalam pada itu, di Belitung ada juga Museum Kata kreasi Andrea Hirata, penulis novel Laskar Pelangi.

5. Taman Kota

Merencanakan untuk liburan ke luar kota, tapi bujet Anda sedang benar-benar terbatas? Kenapa tidak berekreasi di taman kota saja. Cari taman kota dengan pohon-pohonan yang teduh supaya Anda dapat santai di situ.

Rekreasi di taman kota ini tentu saja tidak diambil ongkos sama sekalipun. Apa lagi saat berpuasa Anda tak perlu beli makanan atau minuman, hingga rekreasi ini kali jadi sangat terasa irit. Duduk rileks di bawah pohon teduh atau di bangku taman sambil membaca beberapa buku religius menjadi rekreasi yang pas untuk dilaksanakan saat bulan puasa.

Rekreasi yang Pas Di Datangi Saat Bulan Puasa

 

Rekreasi yang Pas Didatangi Saat Bulan Puasa

 

6. Pasar Malam atau Bazaar

Saat ini, di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, sering kali diadakan bazaar tiga hari. Bazaar ini jual beragam menu makanan, baju, dan aksesori. Nyaris tiap akhir minggu, Anda dapat mendapati bazaar semacam ini di beberapa kota besar. Bazaar ini menjadi tujuan rekreasi saat bulan puasa yang paling dekat.

Namun, datangi bazaar ini di sore hari sambil menanti waktu berbuka puasa. Anda langsung bisa berbuka puasa dengan melahap makanan yang dipasarkan di bazaar ini. Selainnya bazaar, berekreasi ke pasar malam setelah tarawih jadi gagasan yang pas untuk berekreasi.

Jalanan di tengah-tengah keramaian sekalian menyaksikan beberapa barang yang ditawarkan ialah satu wujud rekreasi yang bagus dilaksanakan dalam bulan puasa.

7. Bioskop atau Taman Bermain

Ingin berekreasi dengan teman dekat atau keluarga, tetapi tidak mau terlampau jauh? Bagaimana dengan movie time di bioskop kecintaan Anda? Kerjakan movie marathon bila Anda mempunyai beberapa waktu untuk berekreasi.

Tetapi, pada bulan puasa ini Anda agar lebih selective saat menentukan film yang hendak dilihat. Jauhi film dewasa atau film yang memiliki kandungan elemen pornografi.Selainnya ke bioskop, Anda juga dapat berkunjung taman bermain seperti Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Cantik, atau Trans Studio.

8. Rekreasi Laut

Pantai Ancol ialah pantai paling dekat yang cukup memikat buat didatangi. Dalam pada itu, bila Anda tinggal di Yogyakarta, datangi Pantai Parangtritis. Anda yang domisili di Madura, dapat berkunjung Pantai Gili Labak yang keelokannya tidak kalah dari Gili Trawangn, Lombok.

9. Rekreasi Pegunungan

Dinginnya udara di pegunungan pasti tidak membuat Anda jadi cepat haus. Oleh karenanya, saat bulan puasa, mengajak beberapa orang tersayang untuk berekreasi ke pegunungan. Banyak tempat rekreasi pegunungan yang dekat sama beberapa kota besar.

Apa yang dapat dilaksanakan di tempat rekreasi yang ada di daratan tinggi? Anda dapat lakukan rekreasi kulineran selesai shalat tarawih dan berkunjung kebun teh atau kebun buah-buahan di siang hari. Di pegunungan Anda bisa juga menentramkan diri supaya dapat semakin dekat sama alam.

10. Luar Negeri

Negara paling dekat yang pas untuk jadi tujuan rekreasi saat bulan puasa ialah Brunei Darussalam dan Malaysia. Tetapi, jika Anda mempunyai semakin banyak bujet dan waktu untuk berekreasi, Anda dapat lakukan Umrah pada bulan puasa ini.

Tidak ada argumen untuk berekreasi pada bulan puasa. Beberapa opsi arah rekreasi saat bulan puasa ini mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi Anda agar bisa berekreasi saat menjalankan beribadah puasa. Janganlah lupa untuk membaca panduan berekreasi pada bulan puasa dari kami supaya aktivitas berekreasi Anda makin membahagiakan.

Posted on