7 Langkah Supaya Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

muzweek.net – Langkah supaya puasa tidak lemas yakni imbangi dengan konsumsi air putih seperlunya dan tidak makan terlalu berlebih. Makanan yang memiliki kandungan MSG dan terlampau manis, mengakibatkan badan lemas sesudah buka.

Sebagian orang sering rasakan tubuh lemas dan mengantuk saat puasa. Ada pula yang alami pengurangan gula darah, peralihan jadwal tidur, dan sakit di kepala sepanjang puasa. Ini lumrah karena sepanjang puasa, rutinitas skema makan berbeda.

Menurut pakar kesehatan lemas dan ngantuk ini dapat dijauhi atau dikontrol. Di mana terdapat cara-cara supaya puasa tidak lemas dan mengantuk.

Tubuh lemas umumnya terjadi sesudah buka puasa. Pemicu tubuh lemas sesudah buka puasa dikarenakan oleh makan terlalu berlebih dan banyak konsumsi MSG.

Langkah Supaya Puasa Tidak Lemas

7 Langkah Supaya Puasa Tidak Lemas dan Ngantuk

Mencuplik dari Halodoc.com, pemicu lemas sesudah buka puasa karena mempunyai penyakit seperti kandungan gula darah rendah (hipoglikemia), radang lambung (gastritis), dehidrasi, stress, dan tekanan darah rendah.

Pemicu di atas dapat dijauhi agar badan tidak lemas sesudah buka puasa. Anda dapat mengecek kandungan gula darah, kandungan elektrolit, dan tekanan darah.

Disamping itu ada langkah menangani tubuh lemas saat puasa. Langkah ini diawali dengan menghindar minuman dan makanan tertentu. Berikut panduan supaya puasa tidak lemas dan ngantuk.

1. Jauhi Konsumsi Makanan Manis dan Terlalu berlebih

Berbuka puasa berasa nikmat saat konsumsi minuman dan makanan manis. Ada beragam minuman dingin beri kesegaran untuk menurunkan rasa haus, sesudah sepanjang hari berpuasa.

Tapi minuman dan makanan manis terlalu berlebih dapat tingkatkan kandungan gula darah berlebihan. Misalnya makanan dengan bahan tepung dan minuman manis menggunakan gula tambahan.

Terlalu berlebih konsumsi minuman dan makanan itu membuat badan lemas sesudah buka. Upayakan saat buka puasa mengonsumsi makanan fresh seperti buah dan sayur.

Panduan supaya puasa tidak lemas dan ngantuk yakni mengonsumsi makanan dengan jumlah kecil setiap 3 jam sekali. Misalkan saat buka puasa, makan buah dan sayur sama sesuai jatah. Selanjutnya diteruskan makan sesudah shalat tarawih.

2. Minum Air Putih

Langkah menangani tubuh lemas saat puasa yakni konsumsi air putih. Cairan pada tubuh perlu diisi untuk energi dan menahan dehidrasi.

Anda dapat coba skema 2-4-2 2 gelas saat buka puasa. Mencuplik dari hellosehat.com, minum 4 gelas semalaman dan dua gelas saat sahur. Anda bsa konsumsi buah-buahan dan yogurt untuk menambahkan konsumsi cairan.

Jauhi mengonsumsi minuman bersoda, cafein, dan terlampau manis saat sebelum tidur. Ini dapat mengakibatkan susah tidur saat sebelum sahur datang.

3. Olahraga Enteng dan Meditasi

Langkah supaya puasa tidak lemas setelah itu dengan berolahraga enteng saat sebelum buka puasa. Langkah ini dapat menahan tubuh supaya tidak lemas dan mengantuk. Beberapa olahraga yang dapat coba seperti naik sepeda, jalan kaki, dan meditasi.

Olahraga enteng bisa juga menolong menangani rasa jemu dan lapar. Kegiatan fisik ini dapat mengubah rasa lapar dan tidak habiskan banyak energi.

Selainnya olahraga dan meditasi, Anda dapat lakukan beragam kegiatan seperti membaca buku, mandi, bersihkan rumah, dan dengarkan podcast.

4. Makan Cukup Protein

Selainnya cairan badan, sepanjang puasa Anda perlu protein yang cukup. Sepanjang puasa, Anda dapat kurangi kegiatan yang memerlukan banyak protein.

Riset mendapati konsumsi 30 % protein dapat kurangi selera makan. Agar badan tidak gampang mengantuk dan lemas, Anda dapat mengonsumsi makanan berprotein tinggi sama sesuai jatah. Konsumsi protein berguna kurangi rasa lapar saat puasa.

5. Stop Puasa Saat Badan Tidak Sehat

Sebagian orang alami peralihan saat sedang sakit. Misalnya sakit di kepala, demam, mual, muntah, dan lemas. Bila badan Anda alami tanda-tanda itu, seharusnya stop puasa untuk mengembalikan kesehatan badan.

6. Suplemen Makanan

Sebagian orang yang puasa memerlukan nutrisi lebih. Saat berpuasa, Anda dapat konsumsi vitamin dan suplemen untuk menahan badan lemas, ngantuk, dan sakit di kepala. Suplemen memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh badan.

7. Istirahat Cukup

Istirahat menolong badan untuk kegiatan dan energi selama seharian. Ada beragam langkah untuk menghindar lemas dan ngantuk dengan tidur dan bangun di saat yang sama.

Berikut panduan supaya puasa tidak lemas dan ngantuk:

  • Tidur terencana
  • Menghindar makan dua jam saat sebelum tidur. Ini mengakibatkan gas dalam perut mengolah makanan dan membuat terbangun
  • Jauhi konsumsi rokok dan minuman cafein saat sebelum tidur
  • Baca buku
  • Dengarkan musik tenang
  • Matikan semua gawai saat sebelum tidur
Posted on