Karantina Untuk PPLN Akan Disingkat 3 Hari Mulai Minggu Depan, Tetapi…

Muzweek.net – Pemerintahan memilih untuk menyingkat durasi waktu karantina untuk aktor perjalanan luar negeri (PPLN), terhitung pelancong asing yang datang di Indonesia, dari 5 hari jadi 3 hari. Ini didasari beberapa pemikiran.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Inovatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan pemikiran yang diartikan ialah tingkat keparahan variasi Omicron tidak separah variasi Delta. Mencuplik data yang dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di pertemuan terbatas di istana, Senin (14/2/2022), tingkat tersedianya tempat tidur di dalam rumah sakit yang mencukupi dan imbas keparahannya cuman 2x dari flu angin-anginan.

Omicron itu telah mendekati imbas seasonal flu, sementara delta 13 kali flu angin-anginan, tutur Menparekraf dalam Kick Off Rapat Tourism Working Grup G20, Senin (14/2/2022).

Ada banyak persyaratan yang diterapkan bersamaan pengurangan durasi waktu karantina itu. Pertama, beberapa PPLN harus telah divaksin dua jumlah dan memperoleh booster. Selanjutnya, mereka harus jalani test PCR di saat kehadiran dan hari ke-3 mendekati keluar karantina (keluar tes). Di hari kelima, PPLN harus kembali lakukan test PCR berdikari untuk diawasi perubahannya.

Tiga ini hari berdasar data jika periode inkubasi Omicron ialah 3 hari, ia menambah.

Sama sesuai instruksi Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, pengurangan periode karantina jadi 3 hari mulai berlaku mulai minggu kedepan. Sepanjang dua minggu di depan, pemerintahan akan fokus untuk tingkatkan distribusi vaksinasi dan disiplin prosedur kesehatan.

Masalahnya ada tanda-tanda pengurangan tingkat kepatuhan masyarakat dalam menggunakan masker, jaga jarak, dan membersihkan tangan memakai sabun/hand sanitizer. (Disiplin) prosedur kesehatan ini turun 50 %, diperkirakan berperan pada kenaikan kasus Omicron, kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, ini hari.

1 Maret 2022

Karantina Untuk PPLN Akan Disingkat 3 Hari Mulai Minggu Depan

Selainnya vaksinasi, pemerintahan akan percepat pemberian booster. Menurut Sandiaga, Indonesia mempunyai stock vaksin yang paling memenuhi. Pemberian booster ini berlaku untuk aktor bidang pariwisata yang ada di zone hijau Bali, yaitu teritori Ubud, Nusa Dua, Kuta, dan Sanur.

Jika proses eksperimen berjalan mulus, pemerintahan mulai akan mengaplikasikan pengurangan periode karantina seutuhnya pada 1 Maret 2022. Seterusnya, pemerintahan akan menimbang hilangkan kewajiban karantina untuk PPLN yang telah divaksin 2x dan booster pada 1 April 2022.

Yang ingin saya berikan ke industri jika we are heading the right trek, tetapi harus tetap berhati-hati, ikat ia.

Dengan peraturan baru karantina itu, peraturan travel bubble juga kelak akan sesuaikan. Diharap hal tersebut dapat mengembalikan bidang pariwisata secara berarti yang sepanjang 2 tahun tersuruk karena wabah Covid-19.

Melapor Faskes

Dalam pada itu, Menko Luhut menerangkan jika keluar test PCR dilaksanakan pada pagi hari ketiga. PPLN dapat keluar tempat karantina jika hasilnya negatif.

PCR tes dapat hanya beberapa saat, katanya.

PPLN yang telah usai karantina disarankan lakukan test PCR berdikari pada hari ke-5. Mereka harus memberikan laporan keadaan kesehatannya ke puskesmas atau sarana paling dekat.

Bila keadaan terus lebih baik dan vaksinasi semakin meningkat, terbuka peluang pada 1 April atau awalnya, PPLN tidak kembali mengaplikasikan karantina terkonsentrasi untuk PLN-PLN, tetapi tergantung pada keadaan wabah dan

Posted on