Tim nasional Indonesia Gagal Tampil di Piala AFF U-23 2022, Mengapa?

muzweek.net – Acara sepak bola Asia Tenggara untuk umur muda yakni Piala AFF U23 2022 akan selekasnya diawali. Kejuaraan professional sepak bola Asia Tenggara kelompok pemain berumur di bawah 23 tahun itu direncanakan berguling pada 14-26 Februari 2022. Piala AFF U23 2022 akan berjalan di Kamboja. Sebagai tuan-rumah, Kamboja menyiapkan dua stadion yang hendak jadi venue Piala AFF U23 2022. Ke-2 stadion itu ialah Morodok Techo National Fase dan Prince Fase di kota Phnom Penh.

Namun beberapa fans sepakbola di Tanah Air sedih karena Tim nasional Indonesia tidak berhasil berlaga di kompetisi Piala AFF U-23 2022. Tim nasional ditegaskan mundur dari Piala AFF U-23 2022 karena beberapa pemain yang terkena COVID-19.

Mencuplik dari sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring Indonesia milik Trans Media, PSSI dalam laporannya menyebutkan ada tujuh pemain Tim nasional U-23 yang terkena COVID-19. Mereka ialah Ronaldo J R Junior, Muhammad F, Braif F, Taufik H, Irfan J, Ahmad F Ramadhani, dan C Supriyadi.

Sementara empat pemain menanti periode inkubasi karena sekamar sama mereka yang terkena COVID-19, yaitu Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Keadaan itu diperburuk dengan cidera yang dialami Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Mereka bertiga mendapatkan cidera belakangan ini saat perkuat timnya masing-masing di BRI Liga 1.

Muhammad Riyandi jadi salah satu penjaga gawang sisa, karena Cahya positif COVID-19. Walau sebenarnya Riyandi barusan jalani karantina sepanjang 10 hari.

Keadaan genting ini membuat Shin Tae-yong mengirimi surat sah ke liga

Keadaan genting ini membuat Shin Tae-yong mengirimi surat sah ke liga, menyarankan untuk menggagalkan kesertaan Indonesia di Piala AFF U-23. Keinginan Shin Tae-yong ini selanjutnya ditanggapi oleh PSSI.

Dialog juga diadakan yang mengikutsertakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Tehnik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong, yang pada akhirnya ditetapkan untuk menggagalkan kesertaan Indonesia di kompetisi itu.

Dengan benar-benar menyesal, kami harus menggagalkan kesertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena argumen di atas, kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dalam launching liga.

Kami mohon maaf ke seluruh pihak karena keadaan ini di luar kendalian kami. Sekarang ini kami konsentrasi untuk pengobatan pemain yang terserang COVID-19 dan yang alami cidera, katanya.

Saat sebelum keputusan ini, Shin Tae-yong telah memberikan indikasi jika teamnya pada keadaan jelek saat memberi info di Kemenpora, Kamis (10/2/2022). Pelatih dari Korea Selatan itu juga mengutarakan jika teamnya terimbas badai COVID-19.

Sedianya Tim nasional U-23 pergi ke Kamboja pada, Jumat (11/2). Tetapi keberangkatan ini ditegaskan gagal karena PSSI putuskan Tim nasional U-23 tidak ikut Piala AFF U-23.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.