6 Langkah Menangani WhatsApp supaya Tidak Lelet

muzweek.net – Saat memakai program pesan instant WhatsApp (WA), kadang beberapa pemakai alami program yang mendadak lelet atau melamban.

Bahkan juga, beberapa pemakai rasakan program ini mendadak stop dan tidak bisa lakukan perintah seterusnya.

Ini pasti bisa karena beragam hal. Bisa saja ini karena cache data yang terlampau penuh, program WhatsApp yang belum di-update, dan lain-lain.

Cache data sebagai data sementara yang didapat dari program yang berjalan pada handphone. Data berikut yang diletakkan dalam memory handphone dan memiliki sifat temporer alias tidak tetap.

Lalu, bagaimanakah cara menangani WhatsApp yang lelet? Berikut KompasTekno kumpulkan cara-cara menangani WhatsApp supaya tidak lelet saat dipakai.

Hapus cache dan data program

Sama seperti yang disentil awalnya, bisa saja program WhatsApp yang lelet karena data cache program yang telah penuh.

Hal itu lumrah karena program ini dipakai nyaris tiap hari yang mana banyak sekali pesan text, media, dan file yang dibagi atau diterima.

Oleh karena itu, hapus cache dan data program bisa menangani semua tipe kelambatan atau permasalahan yang terjadi di WA.

Langkah hapus cache WhatsApp di handphone:

  • Membuka penataan handphone Anda
  • Tentukan “Apps”
  • Click “Manage apps”
  • Mencari program “WhatsApp”
  • Click “Clear data” di menu paling bawah

Harus dipahami, cara itu dilaksanakan pada handphone Android versus 9. Untuk pemakai Android versus lain atau iPhone bisa saja mempunyai tatanan letak menu atau feature yang lain.

Hapus pesan WhatsApp yang telah lama atau mungkin tidak penting

Salah satunya factor yang membuat program Whatsapp datang – datang melamban bisa saja karena kebanyakan pesan yang diterima.

Ditambah lagi bila Anda sudah memakai WhatsApp dengan bentang saat yang lumayan lama. Ini membuat beragam pembicaraan atau chat lama tertimbun sampai membuat performa program jadi melamban.

Untuk menangani ini, Anda bisa hapus beberapa pesan lama atau yang tidak penting kembali. Berikut beberapa langkah hapus pesan WhatsApp:

Langkah hapus pesan Whatsapp

  • Membuka program WhatsApp Anda
  • Tentukan chat room yang ingin dihapus dan pencet sesaat sampai icon hapus ada pada bagian atas menu
  • Kemudian click icon “sampah”
  • Tentukan “Delete”

Untuk dipahami, ada cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk hapus pesan WA. Selainnya langkah di atas, Anda bisa juga hapus pesan WA secara automatis dalam durasi waktu tertentu.

Up-date program WhatsApp

Langkah menangani WhatsApp yang lelet dengan lain ialah mengupdate program lewat Play Toko (Andoroid) atau App Toko (iPhone).

WhatsApp yang lelet bisa saja karena pemakai masih memakai program WhatsApp dengan versus yang semakin lama. Ini membuat program jadi tidak responsive dan condong mempunyai performa yang melamban.

Dengan begitu, sebaiknya Anda selalu memeriksa penyempurnaan program WhatsApp dan selekasnya meng-update-nya jika sudah ada.

Membersihkan RAM handphone Anda

Saat RAM penuh karena menjalakan kebanyakan program secara bertepatan, ini akan membuat beberapa performa program akan melamban. Satu diantaranya membuat WhatsApp jadi lelet dan tidak responsive.

Untuk menanganinya, Anda bisa lakukan pembersihan RAM pada handphone dengan memakai feature cleaner RAM dari bawaan program atau mengambil program pembersihan RAM faksi ke-3 di Play Toko atau App Toko.

Uninstall program dan instal ulangi

Langkah menangani WhatsApp yang lelet lain dengan coba meng-unistall program WhatsApp Anda. Sesudah menghapusinya, coba untuk mengambil kembali program WhatsApp di Play Toko (Android) atau App Toko (iPhone).

Dikutip dari Tech Untold, sesudah memasang ulangi program, upayakan tidak untuk berisi file yang dicadangkan. Berisi data dan file yang berat kadang bisa mengakibatkan program stop.

Bila ada banyak chat penting yang perlu Anda taruh, taruhlah sebagai file text di Google Drive Anda lebih dulu.

Re-start smarpthone Anda

Langkah gampang yang lain untuk menangani WhatsApp supaya tidak lelet dengan coba lakukan re-start handphone Anda. Re-start mempunyai tujuan untuk beri kesegaran piranti Anda.

Hal ini akan sekalian bersihkan cache RAM yang dipakai hingga program WhatsApp bisa kembali dipakai secara lancar dan tidak lelet.

Pemakai dianjurkan untuk me-restart satu minggu sekali untuk menahan handphone dan WhatsApp Anda melamban.

Itu cara-cara menangani WhatsApp supaya tidak lelet. Mudah-mudahan menolong.

Posted on